Sabtu, 23 Juni 2012

Pemuda PP dan SH Berdamai


KAYUAGUNG – Bentrok yang terjadi antara pemuda Pematang Panggang (PP) Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan perkumpulan pencak silat Setia Hati yang menewaskan satu orang dan delapan terluka, berakhir. Kedua pihak bersedia berdamai pada Selasa (19/6/2012) sore.

Kesepakatan tersebut terjadi setelah Pemkab OKI dan Polres OKI mempertemukan kedua tokoh warga. Pertemuan juga dihadiri oleh keluarga korban.

Meski pertemuan itu tidak ada kesepakatan, tetapi kedua pihak bersedia menghentikan permusuhan antar kedua kelompok warga.

Peristiwa bentok dipicu dengan ketidaksenangan pemuda Pematang Panggang terhadap perkumpulan Setia Hati yang terdiri dari beberapa etnis masyarakat. Pihak pemuda PP yang telah mengkonsumsi minuman keras dan siap dengan berbagai macam senjata tajam, Minggu (17/6/2012) sore itu, membabi buta sehingga perkumpulan SH yang terdiri dari suku Jawa dan
Pribumi, Kayuagung menjadi korban.

Ulah pemuda PP tersebut akhirnya menyebabkan 1 orang dari anggota Setia Hati tewas dan 8 orang lainnya luka-luka dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung dan RS Palembang.

Kapolres OKI AKBP Agus F SH SIk, pertemuan tersebut menghasilkan 9 poin kesepakatan damai yang ditandatangani oleh Kepala Desa (Kades) Pematang Panggang Abdullah Kadir alias Ise yang bertindak atas nama masyarakat Desa Pematang Panggang Kecamatan Mesuji OKI dan Pjs Kepala Cabang (Kacab) Setia Hati OKI, Didi Wan Nugroho yang bertindak atas nama perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Kecamatan Mesuji OKI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar